Me vs Vostro : The Final Battle, Menaklukkan Atheros

linux-wireless-atherosBagian terakhir dari trilogi postingan saya tentang Dell Vostro A840 adalah proses penaklukan wireless atheros di Ubuntu Jaunty. Atheros terkenal susah digunakan dengan OS Linux. Di ubuntu Hardy bawaan laptop saya, sebenarnya chipset Atheros sudah dikenali, namun belum bisa terkoneksi dengan jaringan hotspot.

Dengan semangat ’45 saya pun mencoba mengupgrade Hardy ke Jaunty seperti saya ceritakan disini. namun Wi-Fi Atheros Vostro pun belum dapat digunakan untuk connect ke jaringan hotspot.

Dengan bermodalkan hape Smart Haier C700 dan Windows XP, saya pun mencari informasi di Google.

Setelah berkeliling sana-sini, saya pun menemukan cara membuat Atheros bekerja disini. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama-tama, saya menghapus modul-modul atheros dari kernel Jaunty dengan perintah ini.

sudo update-rc.d -f linux-restricted-modules-common remove

Setelah menghapus, saya pun mengecek chipset wireless dengan mengetikkan

lspci | grep Atheros

Dan bila chipset benar Atheros, maka akan mucul tulisan seperti ini.

05:00.0 Ethernet controller: Atheros Communications Inc. AR242x 802.11abg Wireless PCI Express Adapter (rev 01)

Setelah itu, download driver Atheros disini. Letakkan di home folder agar mudah diakses.

Setelah itu klik kanan file compat-wireless-2009-02-24.tar.bz2 dan pilih extract here. rename folder hasil ekstraksi dengan nama yang mudah diingat (ex : compat, wifi, dll). Jangan gunakan spasi!

Sebelum melakukan kompilasi driver, kita harus menginstal paket-paket pendukungnya terlebih dahulu. Ketikkan perintah berikut (catatan : Jaunty harus sudah terkoneksi dengan internet, atau anda memiliki DVD repo. Caranya terserah anda, bisa menggunakan haier C700+Smart atau apapun juga).

sudo apt-get install build-essential

Setelah itu pindah ke folder hasil ekstraksi (sesuaikan dengan nama folder yang anda buat tadi)

cd nama_folder_anda

Setelah semua selesai, jalankan perintah berikut.

make
sudo make install
sudo make unload
sudo make load

Jika ada beberapa error biarkan saja/.
Setelah itu reboot, dan cek dengan menjalankan

iwconfig

Seharusnya sih ada tulisan seperti ini.

lo no wireless extensions.

eth0 no wireless extensions.

wmaster0 no wireless extensions.

wlan0 IEEE 802.11bg ESSID:”linksys”
Mode:Managed Frequency:2.412 GHz Access Point: 00:16:B6:AA:AF:58
Bit Rate=24 Mb/s Tx-Power=27 dBm
Retry min limit:7 RTS thr:off Fragment thr=2352 B
Power Management:off
Link Quality=93/100 Signal level:-43 dBm Noise level=-103 dBm
Rx invalid nwid:0 Rx invalid crypt:0 Rx invalid frag:0
Tx excessive retries:0 Invalid misc:0 Missed beacon:0

pan0 no wireless extensions

tapi punya saya nggak ada, dan sukses. Mungkin bisa diabaikan saja.

untuk me-load module (atau driver) pada tiap kali boot, ketikkan perintah

echo ath5k | sudo tee -a /etc/modules

Setelah itu saya menjalankan perintah

sudo modprobe ath_pci

sudo modprobe wlan_scan_sta

Sebenarnya saya tidak tahu kegunaanya, tapi dari tutorial yang saya dapat, dianjurkan untuk mengetikkan itu.

Setelah selesai semua, bawa laptop ke hotspot area. Bisa mall, kafe, atau kampus. Dan tekan Fn+F11. Dan voila! Wi-fi pun bisa terkoneksi dengan hotspot.

Akhirnya Gloria pun kutaklukkan.
MboEnkZ41

4 Responses to Me vs Vostro : The Final Battle, Menaklukkan Atheros

  1. fhh says:

    gimana dengan Driver ethernet Atheros for Linux..

  2. nubitux says:

    wah, ada jg nih yg pake vostro a840+linux, salam kenal gan..:) btw ane prnah nyoba Mint 7 atherosnya otomatis kedetek, cm dulu pas pake 8.04 ma Debian 5 emang harus install manual 😦

Leave a Reply

