Superman is Dead is Back!!

sidusa“Berdiri tegak menantang. Tak pernah menyerah, tak mau mengalah”

Begitulah cuplikan lirik dari Superman is Dead (SID) yang menurut saya menggambarkan keadaan mereka saat ini.

Band yang terbentuk tahun 1995 ini digawangi oleh 3 orang. Mereka adalah Bobby Cool, Eka Rock, dan Jerinx. Hal ini diawali karena personil sebuah band heavy metal Thunder bernama Ari Astina (Jerinx) merasa bosan dan ingin mencari sesuatu yang baru. Seorang drummer band new wave punk Diamond Clash Budi Sartika aka Bobby Cool juga sedang ingin berganti profesi untuk menjadi seorang gitaris dan vokalis. Secara kebetulan kedua pemuda ini bertemu di Kuta, Bali. Tak lama kemudian,lewat seorang drug dealer, datanglah seorg bernama Eka Arsana (Eka Rock) yang merasa tertarik dengan visi dari kedua pemuda tersebut. Maka mereka bertiga pun membentuk sebuah band yang bernama Superman’s SilverGun. Pada akhirnya nama tersebut diganti menjadi Superman Is Dead oleh mereka.

Dalam kesehariannya, mereka lekat dengan alkohol. Mereka bahkan mengatakan bahwa mereka masih akan berdiri selama masih ada alkohol.

Pertama kali saya mengenalnya dari seorang teman. Album saat itu yang saya dengarkan adalah Kuta Rock City. “Wah, musiknya asik.” begitu komentar pertama yang saya ucapkan. Sejak saat itu saya menjadi sangat menikmati alunan musik dari SID. Album berikutnya, The Hangover Decade, merupakan album favorit saya. Sayangnya album Black Market Love menurut saya tidak terlalu bagus. Hanya lagu “Bukan Pahlawan” yang bisa saya nikmati.

Setelah 4 tahun Superman Is Dead (SID) menghilang, kini mereka kembali dengan album terbaru, The Angels and The Outsiders. Superman Is Dead sepertinya baru saja melewati masa-masa sulit dalam karier mereka. Konflik di tubuh manajemen dan pukulan peristiwa lain yang mereka alami. Ini bisa dilihat dalam situs resmi Superman Is Dead yang mengatakan, mereka kebingungan dan hampir menyerah.

Diawali dengan pengkhianatan besar, konflik fatal dalam manajemen, kebangkrutan dan ditinggalkan oleh yang tercinta. Dikejar usia, jadilah beban hidup terasa semakin berat dan menghantui setiap inci langkah yang diambil Superman Is Dead. Saat itu Superman Is Dead seperti kehilangan nyawa dan akal sehat. Demikian tulis SID di situs mereka. Beruntung mereka tidak larut dalam kebingungan. 15 lagu dalam album The Angels and The Outsiders siap membayar penantian panjang fans mereka.

Daftar lagu yang ada adalah :
1. Kuat Kita Bersinar
2. Jika Kami Bersama
3. We Are The Outsiders
4. Poppies Dog Anthem
5. Saint Of My Life
6. Nights Of The Lonely
7. Menuju Temaram
8. Punkrock Lowrider
9. Luka Indonesia
10. Close To Fly Away
11. The Days Of A Father
12. Pulang
13. Memories Of Rose
14. U.T.W
15. Twice In Paradise. (ang)

Menurut saya pribadi, ada 4 lagu terbaik yang mampu membawa saya larut dalam irama musik mereka. Lagu tersebut adalah Jika Kami Bersama, Kuat Kita Bersinar, Poppies Dog Anthem, dan Saint of My Life.

Baru saja rampung rangkaian tour launching album baru Superman Is Dead “Angels & The Outsiders” yang melelahkan, kini pasukan trio rock asal Bali ini sudah mengumumkan rencana tournya di beberapa kota di Amerika “From Bali With Rock” dan akan ditutup dengan mengikuti Vans Warped Tour 2009.
Agenda SID From Bali With Rock USA Tour :
1. Concert 1: NY (Friday, June 5, 2009)
2. Concert 2: Philadelphia ( Saturday, June 6, 2009)
3. Concert 3: Washington DC (Sunday, June 7, 2009)
4. Concert 4: LA (Saturday, June 13, 2009)
5. Concert 5: Seattle (Friday June 19, 2009)
6. Concert 6: Seattle (Saturday June 20, 2009)
Vans Warped Tour adalah ajang festival yang terdiri dari banyak stage di sebuah area yang luas memanjakan ajang kompetisi extreme sport seperti BMX dan Skateboard. Vans Warped Tour ini pertama kali diadakan pada tahun 1994 gagasan dari Kevin Lyman dengan konsep memasukkan pertunjukan musik akbar di dalam sebuah kompetisi Skateboard.

“Sungguh momen ini menjadi sebuah hal takjub bagi kita semua, musik tanah air yang gempitanya tak terarah semoga melihat ceruk lain untuk berupaya menggenjot musik yang mendunia. Adalah Jerinx selaku penabuh drum Superman Is Dead sendiri menyampaikan rasa yang mendalam atas kesempatan tour “From Bali With Rock” dan keikut sertaannya di Vans Warped Tour 2009. Berikut ungkapannya :

Tidak akan cukup rasa terima kasih ini untuk energi positif teman-teman. Semoga tour kita ke Amerika ini bisa membawa sedikit perubahan di tanah air. Agar mata hati kita -yang akhir-akhir ini luluh lantak dibutakan budaya monopoli popularitas via infotainment [meminjam istilah Navicula ‘Televishit] – terbuka akan betapa kayanya negeri ini akan seni segar dan potensi muda yang siap bersaing.

Jika harus bercerita tentang bagaimana proses SID bisa masuk Vans Warped Tour, ini semua tidak terlepas dari peran luck and integrity. Luck karena timing nya tepat. Akhir 2008 kita mendapat undangan dari Mastra Production [EO dari Philadelphia] untuk konser di beberapa kota di USA selama bulan Juni 2009 dan diberi label ‘From Bali With Rock’ . Iseng kita check jadwal Vans Warped Tour, ternyata timing berakhirnya tour From Bali With Rock bertepatan dengan dimulainya jadwal Vans Warped Tour.

Setelah mengirimkan beberapa email, akhirnya manajer NOFX Kent Jamieson -yang pernah menyaksikan SID sewaktu menjadi opening NOFX di Bali- memberi respon positif dan dia lalu merekomendasikan SID ke boss/founder Vans Warped Tour Mr. Kevin Lyman. Singkat kata, rekomendasi disetujui dan yap, kita akhirnya dikontrak untuk bermain di Kevin Says Stage [second stage] di 11 kota yang mana akan mendapat treatment yang sama dengan band-band yang lain peserta Warped Tour.

Lalu faktor integrity. Karena kita memang benar-benar bekerja keras dan selalu berpikir positif. Bermain di Vans Warped Tour dan tour keliling Amerika merupakan salah satu mimpi agung dan target SID sejak lama. Dan kita selalu mengerahkan 110% dari darah, keringat dan airmata untuk mencapai goal ini. Dari hal-hal kecil sampai yang besar, semua kita anggap penting. Itulah integritas kita.

Dan kita yakin, semua ini hanyalah awal dari sebuah kebangkitan yang lebih besar. Kemenangan untuk musik dan attitude yang selama ini terabaikan. Dari Bali kita buktikan kepada dunia jika Indonesia adalah negara berhati besar yang menjunjung tinggi pluralisme dan toleransi.”

Cheers!
Jrx
Superman Is Dead

Mereka benar-benar membuktikan bahwa diri mereka masih “Berdiri tegak menantang”. Gerakan mereka dalam bidang lingkungan pun patut diacungi jempol. Sebagai penduduk Bali, Superman Is Dead (SID) mengaku sangat peduli dengan lingkungannya. Mereka terjun langsung berupaya menyelamatkan pantai-pantai di Bali.

Berikut kutipan yang saya peroleh dari http://www.detik.com

“Banyak banget musisi yang mengatasnamakan peduli lingkungan. Tapi nggak banyak dari mereka yang terjun langsung,” ujar Bobby Kool, gitaris sekaligus vokalis SID kepada detikhot baru-baru ini.

Sebagai langkah nyata, band yang baru saja merilis album ketujuhnya itu memasang plakat bertuliskan “Jangan Buang Sampah Sembarang” di pantai-pantai di Bali. Mereka juga menggalakkan budaya naik sepeda untuk mengurangi polusi.

Tindakan positif tersebut telah dilakukan band yang digawangi Bobby, Eka Rock dan JRX itu selama 3 tahun. Mereka ingin sebisa mungkin melakukan hal tersebut selamanya.

“Itu adalah hal yang positif. Kenapa nggak diteruskan sampai ke generasi-generasi selanjutnya,” tutur Bobby.

Semoga langkah mereka menjadi inspirasi bagi band-band Indonesia lain agar Indonesia menjadi lebih bisa bersuara dalam kancah permusikan internasional. Musik yang SID bawakan pun juga tidak melulu bertemakan cinta seperti band kebanyakan saat ini. Mereka juga menyuarakan perdamaian, seperti pada lagu “Kuat Kita Bersinar”. Warna yang SID goreskan mampu sedikit membawa suasana baru di tengah musik Indonesia yang terkesan monoton karena hampir 90% bertema cinta. Jujur saya sudah jengah dengan lagu musisi Indonesia yang seakan tidak ada ide lain. Hanya SID dan Slank lah yang menurut saya bisa memuaskan hasrat saya akan kualitas musik dalam negeri.

Bravo SID!!

sumber-sumber :
http://mioverzone.blogspot.com/
http://www.detik.com/
http://jidatbaok.co.cc/
http://komunitaskreatifbali.wordpress.com/
http://okezone.com

Advertisements

5 Responses to Superman is Dead is Back!!

  1. vanz says:

    emangnya pengkhianatan, dan konflik fatal dlm manajemen SID beberapa tahun lalu itu apa ya?
    saya msh tanda tanya besar ttg hal itu, di beberapa milis jg gak dsebutin hal yg jelas.. tolong jwbn dkrmkan ke vansyaf@yahoo.co.id
    thx.. cheers!

  2. outSIDers pekalongan says:

    halo……
    kapn maen ke pekalongan….

  3. Natasya ilmi says:

    Maju terus yah SID . Kami Outsiders & lady rose mendukung setiap langkahmu 🙂

  4. ajiakbar says:

    outsider kpan kesini

  5. ajiakbar says:

    ❤ S.I.D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: