Mencoba Browser Alternatif, SRWare Iron

imagesBelakangan ini browser Google Chrome versi 2.xx telah mengambil hati saya. Bermula dari kecepatan loading yang menaklukkan browser favorit saya, Firefox (+fasterfox), ditambah dengan tampilan simpel dan elegan yang ditunjukkannya telah membuat saya menggunakan Google Chrome sebagai browser utama saya.

Sebenarnya ada beberapa browser yang bersarang di komputer saya. Ada Firefox, Safari, Opera, Internet Explorer, Google Chrome, dan yang terakhir yang ingin saya bahas yaitu SRWare Iron.

Iron merupakan browser yang dibuat dengan cara mengkloning Google Chrome. Tampilan dan kemampuannya persis sama. Menurut informasi yang saya dapat dari berbagai blog yang membahas Chrome vs Iron, disebutkan sebagai berikut.

“Google Chrome akan mengintip setiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna browser dan mengirimkan informasi untuk suggestion, atau kalo dalam bahasa Jawa-nya “which user is surfing what”.

Wow..

Dan menurut informasi yang saya dapat dari berbagai blog yang membahas masalah ini, Iron tidak melakukan hal seperti di atas.

Keunggulan lain dari Iron adalah besar file instalasi nya yang cukup mungil. Dengan ukuran yang tidak lebih dari 9 MB, para pengguna dial-up pun masih bisa mendownload nya meski dibutuhkan sedikit kesabaran. Dengan koneksi Telkomsel Flash Unlimited, hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk mendownload installernya dengan kecepatan rata-rata sekitar 20kbps. Bandingkan dengan Google Chrome yang hampir mencapai angka 10MB!!

Menurut saya, jika anda tertarik dengan Google Chrome, Iron merupakan alternatif yang baik untuk menjaga privasi anda. Silakan download installernya disini atau versi portabelnya disini.

2 Responses to Mencoba Browser Alternatif, SRWare Iron

  1. Lex dePraxis says:

    Namanya (IRON) cukup menggoda, apalagi berbasis Chrome, namun jika kelebihannya hanya pada faktor privasi, rasanya sangat-sangat tidak memuaskan. Apakah akan ada penambahan diversifikasi lainnya?

  2. mboenkz41 says:

    Sepertinya sejauh ini saya belum menemukannya bang Lex.. Rasanya benar2 rasa Chrome..

Leave a Reply

